Monday, November 10, 2014

little bride side

I survived 1st november.

How is it like to be a bride? stressed.

Becoming a bride supposedly happy. Tapi banyak banget peraturan-peraturan bayangan yang dibebankan ke pengantin [perempuan]. Pokoknya pengalaman gw selama setahun kemaren nyiapin nikahan kira-kira ini yang gw rasain.

1. Somehow, pengantin perempuan itu harus kurus. Gak ada peraturan tertulisnya sih, tapi kalau terus keliatan makan diatas jam 7 bisa jadi sasaran empuk orang-orang untuk bilang "inget, mo jadi manten" atau "masih makan aja" atau komen-komen lain. Paling sedih adalah stres dengan cukup enggaknya kebaya yang mau dipake. Gak muat bakal dikomenin, longgar malah disaranin untuk gak makin kurus lagi.

2. Jadi penganten itu harus sesuai standar kodrat perempuan. Bangun pagi, mandi pagi, kamar rapi, bersolek. Standarnya sih semua perempuan harus begitu. Tapi lo tau lah gw sehari-hari seperti apa, masa waktu gw jadi penganten gw tiba-tiba harus berubah.

3. Harus kinclong. Makanya orang-orang ke salon buat lulur tiap minggu. Soalnya pas hari H gw pun yang notabene udah lulur tetep aja dikomenin "penganten kok kakinya item". Well kalo kaki gw emang item sisa kebakar matahari pas ke Jatim kemaren terus kenapa sih?!

4. Dikomenin kalo terlalu cerewet, dipertanyakan kalo terlalu kalem.

5. Intinya fisik harus perfect.

6. Berhati-hari dalam bertutur kata. Seremnya adalah kalo vendor yang dimarahin nyumpahin acara kita gagal. Amit-amit deh.

Makanya jangan heran buat lelaki diluar sana yang calon istrinya jadi bridezilla, karena emang beban banget jadi penganten tuh. Belum lagi nyiapin acara yang melibatkan banyak orang, diadainnya cuma sehari untuk seumur hidup. Kebanyakan pernikahan itu bukan acara dari pengantennya sendiri pula, tapi acara dari orang tuanya. Jadi pengantennya gak menikmati acaranya sendiri. Makin bikin stress.

Hari itu dibilang hari nya mereka, tapi kebanyakan orang-orang yang dateng gak dikenal. Mana orang-orang itu kalo pengantennya kenapa-kenapa bakal ngomongin terus lagi. Ya gak?! for a long long time. 

Masih terbilang untung orang tua dari kedua belah pihak bener-bener ngebebasin acara mau kayak gimana. Di acara kemarin gw dikejutkan dengan orang-orang yang tidak terduga. Temen-temen lama, yang udah lama banget gak ketemu tiba-tiba menyempatkan hadir.

Untuk calon-calon pengantin, berbahagialah kalian. Nikmati prosesnya, tutup telinga dari hal-hal yang bikin down. Soalnya ga perlu juga didengerin. Yang paling penting perasaan kita bahagia. Inget nantinya juga orang-orang itu gak akan ada terus dihari-hari kita setelah acara. Dan semuanya akan kerasa biasa aja setelah acaranya selesai. Acaranya cuma 11 jam sama persiapan dan sumpah itu ga kerasa banget! tau-tau udahan, tau-tau udah foto-foto, tau-tau udah siap-siap pulang. 

Gak mungkin gak stres sih, tapi usahain lebih enjoy. Gw pun emosian selama nyiapinnya dan untungnya partner gw sangat-sangat kalem dalam ngadepin semuanya walaupun hari H dia juga udah sampe limitnya. Temen-temen gw pun semua siapin telinga buat emosi-emosi ga jelas hehehe..

Sekarang udah H+10, dan rasanya masih aneh.Yang kemarenpun masih kayak mimpi hehe..

Welcome to the new world. Realita dimana semua bukan cuma atas nama cinta hahaha.. Tapi tentang komitmen, bayar tagihan, gimana caranya legowo sama idealisme pasangan, mimpi-mimpi berdua, keputusan bersama, ngadepin orang tua, bertahan untuk hidup.

Ternyata ada yang berubah juga ya pont?!

[mrs. ramanta / #11114]

No comments:

Post a Comment