Tuesday, January 21, 2014

off limit

capital cities - safe & sound 


21 Januari 2014.
Rasanya baru kemarin saya bikin scanimation book buat ulang tahun Ponti. Tau-tau udah setahun aja ya?!. Berarti 2013 berjalan cepat banget. 

Seperti biasa bingung bikin kado apa. Mulai brainstorming sebulan yang lalu barengan pula sama harus nyiapin noslab. Jadi super hectic.

Jadi awalnya mau kasih time capsule. Tapi teknis dan cuaca gak mendukung, apalagi pake koordinat segala belom nanti pas hari H. Akhirnya yaudah deh beraniin bikin video. Padahal tadinya gamau soalnya bakal dibilang "ikut-ikutan" Ponti. 

Akhirnya bikin juga deh. Tapi tetep video yang saya banget hehe.. jadilah stopmotion. Atau lebih ke animasi ya jatohnya?

Jadi ini pertama kalinya saya nyentuh yang namanya Adobe Premier. Okay bukan pertama banget tapi pertama kali nya serius sampai di export.

Saya pikir tinggal masukin filenya di export taraaa! jadi.
Ternyata gak begitu.

Biasanya liatin Ponti ngedit sepintas-sepintas, atau langsung liat aja hasil akhirnya. Pas kemarin saya coba sendiri terus main kerumah Ponti dan liat sequence dia wew udah tumpuk-tumpuk sampai berapa lapis tuh. Sedangkan sequence saya cuman sampe video 2 haha!

Mulai dari screen capture bitstrips di hp terus semua file di edit di photoshop. Terus dibikin deh satu-satu. Terus akhirnya pinjem gopro dan bikin timelapse. Ceritanya berkembang sambil ngerjain hehehe.. itu lah salahnya. Pertama saya cari crowd. Dapet di beberapa spot. Seharian full jalan kaki kesana-sini terus langsung edit. Tinggal mikirin endingnya gimana akhirnya saya biarin dulu tuh si premier sampe H-1. Pas kepikiran gimana endingnya ehhh semua file dari Pentax ilang aja gitu. Entah gimana dan kemana file itu. Berhubung saya newbie saya gak ngerti juga kenapa bisa gitu.

Ngomong-ngomong tentang newbie saya ngescale frame satu satu pake ditarik manual. URGH

Jadilah H-1 saya keliling Bandung lagi buat gantiin semua file yang hilang. Berhubung videonya harus siang sama malem jadilah seharian ini saya keliling sampe malem. 

Udah beres semua tinggal export, lain lagi masalahnya. 
Filenya harus yang mana?
Buka youtube ternyata gak membantu, begitu dipasang di tv filenya gak kebaca. 

Hopeless sayapun telpon ahlinya...

Ponti sendiri   >__<

Semoga hasilnya memuaskan yaa Pon..
Udah jam  3 dan belum bereees... HAU!
Nulis ini pun udah gak konsen.

Happy birthday anyway PONTIIII!

btw berhubung ulang tahun harus bikin sesuatu kadang-kadang malah jadi terlatih untuk bikin hal-hal diluar yang kita bayangin. Kayak tahun-tahun sebelumnya bikin lampu, scanimation book sekarang bikin video. Atau yang agak sedikit gila semua struk pembelian, nongkrong, nonton di scan dan dijadiin akordeon.

Heheu.


[nos]


1 comment: